Kamis, 15 Mei 2008

Tiga Tetes Air Segar (Air Segar jilid III)

Dari detikI-net diberitakan bahwa Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) berhasil meraih 1 medali emas dan 2 medali perunggu dalam ajang Olimpiade Informatika Asia Pasifik (Asia-Pacific Informatics Olympiad – APIO 2008). Medali emas diraih Irvan Jahja, siswa SMA St Aloysius, Bandung. Sementara medali perunggu diperoleh Reinadus Surya Pradhitya (SMA Kanisius, Jakarta) dan Listiarso Wastuargo (SMAN 3 Yogyakarta).


Prestasi yang diraih dalam perlombaan yang digelar 10 Mei 2008 ini meningkat dibanding tahun lalu, di mana Indonesia hanya meraih satu medali perunggu melalui Karol Danutama.


"Hasil yang diraih oleh Irvan dirasa cukup melegakan, karena dia telah berhasil menembus dominasi siswa-siswa dari China yang berhasil meraih 7 medali emas. Irvan berhasil meraih nilai total 300 dari nilai maksimal 300 (full score) yang artinya ia mampu menyelesaikan tiga soal yang diberikan dengan sempurna," ungkap Fauzan Joko, humas Tim Olimpiade Komputer Indonesia, dalam siaran pers yang diterima redaksi detikcom, Rabu (14/5/2008).


Hasil ini juga cukup menggembirakan karena mengingat ajang APIO ini merupakan salah satu tolok ukur untuk mempersiapkan siswa-siswa Indonesia untuk menghadapi pertandingan yang lebih besar yaitu International Olympiad in Informatics 2008 yang akan diselenggarakan di Kairo, Mesir, pada Agustus yang akan datang.


Asia-Pacific Informatics Olympiad adalah sebuah kontes pemrograman secara online yang diikuti oleh siswa-siswa di kawasan Asia dan PasifiK Barat. Bentuk perlombaannya adalah para siswa mengerjakan tugas di negara masing-masing dengan diawasi oleh pengawas resmi, dan setiap siswa mengirimkan jawaban kepada server negara penyelenggara melalui internet.


APIO pertama kali diselenggarakan tahun lalu, dan Australia menjadi tuan rumah. Tahun ini yang menjadi tuan rumah adalah Thailand dan diikuti oleh 14 negara peserta yaitu : Australia, Bangladesh, China, China Taipei, India, Indonesia, Jepang, Korea, Makau, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Srilanka, dan Thailand selaku tuan rumah.


Sementara Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) adalah sebuah tim yang terdiri dari 4 siswa sekolah menengah yang dipersiapkan untuk menghadapi International Olympiad in Informatics yang diselenggarakan setiap tahun.Indonesia pertamakali mengikuti IOI pada tahun 1995, ketika IOI diselenggarakan di Eindhoven, Belanda. Hingga saat ini tim Indonesia secara keseluruhan telah berhasil mengumpulkan 1 medali emas, 8 medali perak dan 12 medali perunggu.


Kegiatan Tim Olimpiade Komputer Indonesia mendapat dukungan penuh dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional RI.Saat ini TOKI sedang menjalani pelatnas dan seleksi akhir di kampus Universitas Indonesia, Depok, untuk mempersiapkan diri dalam rangka menghadapi IOI 2008. Di akhir pelatnas akan dilakukan seleksi akhir untuk menetapkan 4 siswa terbaik yang akan mewakili tim Indonesia dalam ajang IOI yang akan diselenggarakan di Kairo, Mesir, pada 16-23 Agustus 2008.


Selamat deh! Mudah-mudahan prestasi-prestasi berikutnya bisa diraih dan sedikit memberikan hiburan di tengah carut-marutnya pendidikan di negeri ini.

Tidak ada komentar: