Rabu, 07 Mei 2008

Membaca dan Perkembangan Otak Anak

Mendorong anak gemar membaca merupakan salah satu upaya terbaik untuk membantu perkembangan otak anak, karena :
  1. Membaca merupakan salah satu fungsi tertinggi otak manusia (dari semua makhluk hidup di dunia ini cuma manusia yang bisa membaca).
  2. Membaca merupakan salah satu fungsi penting dalam hidup, dapat dikatakan bahwa semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca.
  3. Berkat kemajuan dalam penelitian otak, kita tahu bahwa membaca cerita bagi anak mempunyai manfaat intelektual, emosional dan fisik, yang dapat meningkatkan perkembangan anak.
  4. Dengan tumbuh dan berkembangnya minat baca pada diri anak, minat belajarnya pun akan menjadi tinggi, sehingga kalau orangtua mampu mengantarkan anaknya menjadi gemar membaca, maka anak akan mampu belajar secara mandiri.

Membaca sangat bermanfaat bagi anak, apalagi jika buku menjadi pedoman mainan anak yang utama. Buku bisa sekaligus sebagai pengganti peran televisi yang kian hari semakin mengkhawatirkan perkembangan emosional dan kecerdasan bagi anak.

Anak yang sering dibacakan buku akan lebih cerdas, dibandingkan anak yang jarang dibacakan buku. Dari hasil penelitian di Baylor College of Medicine terbukti bahwa apabila anak-anak jarang diajak bermain atau dibacakan buku maka perkembangan otaknya 20% atau 30% lebih kecil daripada ukuran normalnya pada usia itu. (dari tips dunia anak dgn edit seperlunya)

Tidak ada komentar: