Jumat, 09 Mei 2008

Rekreasi dalam Rutinitas

Berlibur atau rekreasi sama pentingnya dengan bekerja. Tapi mungkin tidak setiap orang beruntung mendapatkan kesempatan untuk menikmati liburan atau rekreasi. Akan tetapi kegiatan ini bisa juga dilakukan tanpa harus keluar meninggalkan tempat rutinitas kerja.

Anda cukup meluangkan waktu satu menit saja, tiga menit lebih baik lagi, untuk menyegarkan pikiran. Carilah sebuah momen, bisa berupa jam tertentu, lagu tertentu, atau momen yang Anda lihat setiap harinya, untuk sejenak berhenti dari kesibukan. Kemudian pejamkan mata dan bayangkan diri Anda di tempat yang istemewa. Lalu biarkan tubuh Anda merasakan apa yang mungkin Anda rasakan di sana, biarkan sensasinya menyelimuti seluruh tubuh Anda hingga jiwa Anda benar-benar sejenak pergi dari tempat sekarang, the peace of mind.

Berkaitan dengan tips di atas. Shalat yang dijalankan minimal 5 kali dalam sehari bagi seorang muslim adalah sarana rekreasi atau liburan. Bukankah di dalam sholat itu kita melepaskan diri dari kesibukan rutin lalu "terbang" ke "tempat" lain? Bukan berarti ketika sholat, fikirannya terbang juga ke tempat lain. Karena rekreasi ini mensyaratkan kekhusyu'an dalam sholat.

Dengan teratur melakukan sholat maka akan membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Tentunya sholat yang rutin dilaksanakan dengan khusyu dan tulus. Hal ini akibat menurunnya kadar cortisol (hormon penyebab stress) dalam tubuh karena sholat rutin tersebut (lihat artikel Perasaan Bahagia Baik bagi Kesehatan).

Beruntunglah seorang muslim yang selalu memiliki waktu untuk berlibur setiap hari.

Tidak ada komentar: