Kamis, 08 Mei 2008

Hadiah Kejujuran

Kamis, 8 Mei 08 12:04 WIB


Tak ada kata yang bisa mengungkapkan rasa terima kasih seorang pemain biola, setelah mendapatkan kembali biolanya seharga empat juta dollar. Pemain biola itu pun menggelar konser gratis di tempat antrian taxi di bandara kota New York.

Phillipe Quint, 34, adalah seorang pemain biola bertaraf internasional. Pagi hari, tanggal 21 April kemarin, Quint kaget karena biolanya yang berusia 285 tahun hilang. Sepanjang pagi itu, ia seperti orang gila mencari biolanya ke sana-kemari sampai ia sadar bahwa biolanya tertinggal di taxi yang ditumpanginya, usai tampil di Dallas malam itu.

"Saya tidak bisa menjelaskan dengan kata-kata, bagaimana perasaan saya saat itu, " kata Quint pada BBC News, Rabu (7/5).

Quint kemudian melaporkan kasunya ke komisi taxi dan ke kepolisian dan ia sempat diminta meneliti foto-foto pengemudi taxi yang ada dalam daftar. Quint juga kembali ke tempat menunggu taxi di Newark Liberty International Airport, berharap bertemu lagi dengan sopir taxi yang mengantarnya.

Di tengah kegelisahannya, Quint mendapat telpon dari pihak bandara yang mengatakan bahwa seorang sopir taxi Muslim bernama Muhammad Khalil telah mengembalikan biolanya yang tertinggal di bangku belakang taxi. Betapa bahagianya hati Quint, menemukan kembali biola antiknya. Ia pun berjanji akan menggelar konser khusus di area antrian taxi sebagai bentuk rasa hormat dan terima kasihnya pada Khalil.

Quint menepati janjinya pada Selasa (6/5). Pada jam makan siang, ia menggelar konser gratis selama 30 menit di hadapan sekitar 200 sopir taxi. "Atmosfirnya sungguh mengesankan. Saat ini, saya betul-betul merasa berada di tengah sahabat-sahabat saya, " kata Quint seperti dikutip Times.
Sementara itu Khalil, 57, mengungkapkan, pada malam ia mengantar Quint, dirinya tidak tahu kalau ada barang berharga yang tertinggal di bangku belakang taxinya. Ia menemukan biola Quint keesokan harinya dan langsung menyerahkannya pada pihak berwenang di bandara.

"Saya bahkan tidak tahu apa isi tas itu, " kata Khalil, Muslim Mesir yang berimigrasi ke AS tahun 1980.
Khalil masih ingat reaksi Quint ketika ia menemukan kembali biolanya. Quint sampai berlutut di hadapan Khalil, menangis dan memeluk Khalil. "Dia bilang, ' saya hampir tidak mempercayai ini. Biola ini adalah hidup saya dan ini punya orang lain', " kata Khalil menirukan ucapan Quint.

Biola itu memang bukan biola sembarangan. Biola tersebut dibuat oleh orang Italia bernama Antonio Stradivari. Biola itu menjadi milik Christophe Kiesewtter, komposer dan pemain biola asal Jerman abad ke-18. Pada tahun 2006, organisasi Stradivari Society mengatur pinjaman dari pemilik biola tersebut untuk Quint, yang masuk dalam nominasi Grammy Award.

Khalil, selain mendapat sungguhan konser kehormatan dari Quint, juga mendapatkan medali penghargaan dari pemerintah Kota Newark atas kejujurannya. (sumber : eramuslim)

Tidak ada komentar: